Mudah, Ini Cara Merawat Furniture Kayu yang Benar

Mudah, Ini Cara Merawat Furniture Kayu yang Benar

Kayu memang menjadi bahan yang paling favorit untuk furniture. Coba kamu lihat ke sekitar, mungkin ada setidaknya satu furniture di rumahmu yang berbahan kayu. Namun, tahukah kamu bagaimana perawatan furniture berbahan kayu tersebut? Agar tidak jamuran, dimakan rayap atau bahkan retak, beginilah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat furniture berbahan kayu.

  • Letakkan di tempat yang kering

Ingat, kamu harus menaruh furniture berbahan kayu jauh dari paparan suhu panas yang terus menerus. Mengapa? Karena kebanyakan furniture kayu akan menyusut dan kering jika secara terus menerus terpapar suhu panas. Akibatnya akan muncul retakan pada lapisan kayu. Bukan hanya itu, udara lembab akibat paparan suhu tinggi juga memancing berkembangnya jamur atau pun serangga yang membayakan kayu.

  • Gunakan alas

Untuk memastikan agar furniture kayu yang kamu miliki di rumah tidak terkena noda membandel atau tergores, kamu bisa menggunakan table runner atau kain untuk menutupinya. Bukan hanya bagian atasnya saja yang harus dijaga, bagian kaki juga perlu kamu alasi dengan menggunakan kain felt atau karpet agar tetap awet dan terjaga.

  • Keringkan noda air sesegera mungkin

Dalam perawatan furniture yang terbuat dari kayu, kamu harus super hati-hati dengan yang namanya noda air. Jika gelas minuman atau vas bunga yang kamu letakkan di atas furniture tersebut meninggalkan noda air, kamu wajib untuk segera membersihkannya. Kenapa? Karena jika kamu biarkan, noda tersebut akan tertinggal secara permanen.

  • Bersihkan secara berkala

Yang pasti kamu juga tak boleh lupa untuk membersihkannya secara berkala. Meskipun furniture berbahan kayu nampak terlihat sama, bukan berarti kamu tidak membersihkannya. Pakailah peralatan khusus untuk membersihkan furniture di toko material maupun toko furniture.

Nah itulah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga furniture berbahan kayu agar tetap awet dan terlihat indah. Sebelum ditutup, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat memindahkannya juga. Sekian tips perawatan furniture berbahan kayu, semoga bermanfaat!

Bagikan Bacaan ini :