Pohon Jati

Pohon jati adalah pohon yang menghasilkan kayu yang berkualitas tinggi. Pohon jati memiliki ciri – ciri pohon besar, berbatang lurus dapat tumbuh mencapai 30 – 40 meter. Berdaun besar yang akan berjatuhan dimusim kemarau. Jati dikenal di dunia dengan nama teak.
Pohon jati yang bagus biasanya pohon yang berdiameter besar, berbatang lurus, dan sedikit cabangnya. Kayu jati yang bagus biasanya berumur lebih dari 50 tahun. Pohon jati biasanya cocok didaerah tanah yang basa dengan PH antara 6 – 8, mengandung cukup banyak kapur dan fosfor. Pohon Jati tidak tahan jika tergenang oleh air.
Salah satu upaya untuk mengembangkan jati di Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Hasilnya kurang bagus. Pohon Jati mati setelah berusia dua atau tiga tahun. Dikarenakan, tanah di kedua tempat tersebut sangat asam. Pohon Jati sendiri adalah jenis yang membutuhkan zat kalsium dalam jumlah besar, juga zat fosfor. Selain itu, jati membutuhkan cahaya matahari yang berlimpah.
Saat ini, di luar pulau Jawa, kita dapat menemukan hutan jati secara terbatas di beberapa tempat seperti di Pulau Sulawesi, Pulau Muna, daerah Bima di Pulau Sumbawa, dan Pulau Buru. Jati berkembang juga di daerah Lampung di Pulau Sumatera bagian selatan. Sementara di Pulau Jawa Pohon jati sangat berkembang didaerah jawa tengah hingga jawa timur.
Kayu jati merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan serta keindahannya. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap. Kayu jati berwarna coklat muda, coklat kelabu hingga coklat merah tua. Kayu gubal, di bagian luar, berwarna putih dan kelabu kekuningan.
Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga sangat diminati dan disukai masyarakat untuk membuat furniture, ukir-ukiran dan rumah. Kayu yang diamplas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu tampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran serat yang indah. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, kayu jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karenanya, kayu jati banyak diolah menjadi mebel taman, mebel interior, kerajinan, panel, anak tangga dan berbagai jenis furniture.

Bagikan Bacaan ini :