Memilih pelapis sofa

Kain pelapis sofa merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan sofa minimalis. sofa minimalis merupakan salah satu bagian dalam menentukan furniture ruangan. Sofa minimalis yang baik adalah perpaduan warna, model serta bahan pelapis sofa tersebut. berikut adalah beberapa macam jenis pelapis sofa:

  1. Bahan Kulit
  2. Bahan Katun
  3. Bahan Polyester
  4. Bahan Nilon
  5. Bahan Cenile
  6. Bahan Linen

Bahan kulit merupakan bahan dengan kualitas yang baik. bahan kulit banyak digunakan karena mempunyai kesan yang mewah selain itu juga bahan kulit memiliki tekstur yang khas tergantung dari kulit yang digunakan. Saat ini bahan kulit banyak menggunakan kulit sapi karena memiliki daya tahan yang lebih lama dari bahan lainnya. Sehngga harga bahan kulit sapi bida dikatakan agak mahal dibanding kulit lainnya. Untuk sofa minimalis yang menggunakan bahan kulit sapi disarankan jangan kontak langsung dengan sinar matahari karena dapat mempengaruh kualitasnya biasanya kulitnya akan mudah untuk terkelupas.

Bahan Katun sangatlah terjangkau dari harganya sehingga banyak sekali bahan ini digunakan. bahan katun terbuat dari benang katun yang ditenun dengan tingkat kerapatan tertentu. semakin rapat tingkat tenun semakin awet juga bahannya. Bahan katun sangat mudah untuk menyerap cairan sehingga hindari dari terena cairan.

Bahan Polyester tddak mudah untuk menyerap cairan sehingg sangat berbeda dengan bahan katun sehingga bahan ini awet pemakaiannya. Bahan polyester biasanya dpadukan dengan berbagai jenis bahan katun. untuk perawatannya bahan polyester bisa menggunakan dry cleaning.

Bahan Nilon sangat tahan air dan salah satu air bahan sintetis. Untuk perwatannya cukup dengan mengunakan sikat yang diberi air kemudian disikat keperukaannya sehingga menjaga warna dari bahan nilon itu sendiri.

Bahan Cenile biasanya digunakan untuk sofa dengan konsep klasik karena memiliki teskture yang halus. kekurangan bahan jenis ini adalah dari segi perawatannya yang susah jika terkena noda.

Bahan Linen terbuat dari serat alami sehingga tingkat kekuatannya bisa 2 – 3 kali ddar bahan jenis katun. Bahan jenis linen biasanya tidak menyerap tinta. Bahan jenis ini tidak banyak pilihan motif dan warnanya.

Bagikan Bacaan ini :