Yuk Pelajari Jenis Bahan Dasar dan Finishing Interior Disini

Yuk Pelajari Jenis Bahan Dasar dan Finishing Interior Disini

Yuk Pelajari Jenis Bahan Dasar dan Finishing Interior DisiniPernahkah kamu bertanya-tanya apa bahan baku atau bahan dasar yang dipakai untuk membuat furniture dan hal-hal terkait interior lainnya? Ya, mungkin kamu tidak asing lagi dengan kayu. Tetapi terkadang jenis kayu tersebut berbeda-beda dan kamu tidak begitu paham apa yang membuatnya berbeda dan apa sebenarnya jenis bahan kayu tersebut.

Nah, daripada bingung, yuk kita pelajari jenis-jenis bahan dasar dan finishing yang biasa dipakai untuk furniture dan interior berikut ini.

  1. Kayu Solid

Yang pertama adalah kayu solid. Dibandingkan kayu olahan, kayu solid ini merupakan bahan dasar yang paling kuat. Namun, persediaan kayu solid ini sangat terbatas karena memang proses tanam yang lama hingga kayu siap untuk ditebang. Karena itu, kayu solid ini memiliki harga yang cukup mahal dibanding kayu olahan.

  1. Plywood atau Multipleks

Selanjutnya, ada juga plywood atau multipleks. Bahan yang satu ini sangat umum digunakan untuk membuat furniture. Dibanding kayu solid, bahan baku yang satu ini relatif lebih murah. Menariknya, olahan kayu ini memiliki sifat yang lebih kuat jika dibandikan dengan olahan kayu lainnya seperti blockboard, hdf dan mdf.

  1. Blockboard

Kemudian, ada juga blockboard. Bloackboard ini memiliki harga yang lebih murah dari plywood. Karena harganya yang lebih murah, kualitasnya pun dibawah plywood. Namun secara umum bahan dasar yang digunakan untuk membuat blockboard ini sama dengan plywood.

  1. MDF

Lalu, ada lagi MDF yang bisa dibilang sebagai bahan dasar furniture yang cocok untuk kalian yang mempunyai budget pas-pasan. Harga MDF lebih murah dibanding blockboard maupun plywood. MDF ini dibuat dari serbuk kayu halus yang kemudian dibuat menjadi tebal dan solid.

Demikianlah bebeberapa bahan dasar yang sering dipakai untuk pembuatan furniture. Selain itu, ada juga bahan lain seperti partikel board, aluminium, besi dan bahkan plastik. Memilih bahan yang tepat untuk furniture adalah suatu hal yang penting. Jadi, kamu harus tahu seperti apa plus dan minus dari setiap bahan baku furniture yang ada saat ini.

Bagikan Bacaan ini :