Mengenal Perbedaan Bahan Furniture Kayu Utuh dan Plywood

Mengenal Perbedaan Bahan Furniture Kayu Utuh dan Plywood

Mengenal Perbedaan Bahan Furniture Kayu Utuh dan PlywoodKetika kita membuat furniture, biasanya produsen akan memberi tahu beberapa pilihan material atau bahan baku yang bisa kita pilih. Biasanya hal ini membuat kita bingung jika sebelumnya kita belum mencari tahu lebih dalam mengenai perbedaan dari bahan-bahan furniture yang ada tersebut. Beberapa bahan yang umum ditawarkan adalah kayu utuh dan plywood.

Lalu, apa yang membedakan kayu utuh dengan plywood ini? Untuk kalian yang masih bingung dan belum tahu, berikut ini penjelasan mengenai kedua bahan dasar furniture tersebut.

  • Kayu Utuh atau Kayu Solid

Seperti namanya, kayu utuh merupakan bahan dasar dari kayu yang utuh. Material furniture yang satu ini lebih kokoh dan juga lebih kuat dibandingkan dengan jenis kayu olahan. Sebanding dengan kualitasnya yang tahan banting tersebut, furniture yang dibuat dari kayu utuh akan dijual lebih mahal di pasaran.

Salah satu jenis kayu utuh yang sering dipakai untuk furniture adalah kayu jati. Bahan baku yang satu ini lebih digemari karena memiliki urat kayu yang bagus dan cantik sehingga sempurna untuk ditonjolkan dalam desain furniture. Dengan perawatan yang baik, furniture dengan kayu utuh ini bisa bertahan sangat lama.

  • Plywood atau Kayu Lapis

Selanjutnya, ada plywood atau yang lebih dikenal dengan multipleks, kayu lapis, tripleks dan sebagainya. Kayu lapis ini merupakan kayu olahan dan merupakan hasil dari press atau perekatan beberapa lemparan kayu dengan tekanan yang tinggi.

Kayu lapis ini hadir dengan sejumlah pilihan ketebalan dan hal tersebut menentukan kekuatan dari furniture tersebut. Kayu lapis umumnya dipakai untuk membuat kitchen set, lemari pakaian, rak buku dan sebagainya. Soal harga, plywood ini dibanderol lebih murah dibandingkan dengan kayu utuh.

Demikianlah perbedaan dari kayu utuh dan kayu lapis atau plywood. Selain dua jenis material ini ada juga beberapa bahan lain yang sering dipakai untuk membuat furniture contohnya teakblock, blockboard, MDF dan partikel board. Sekian informasi mengenai perbedaan bahan baku furniture di atas semoga membantu!

Bagikan Bacaan ini :